Featured Posts

Latest Posts

0

SELAMAT DATANG DI DUNIA DIGITAL

Filled under :

Internet, inilah “bumi” baru buat Anda! Di tempat ini batas teritori tak lagi penting untuk dibicarakan. Inilah pasar bebas yang tidak akan mengikat Anda dengan segala tetek-bengek birokrasi. Anda bisa menjual aneka jenis barang dan jasa di jagat maya. Sebaliknya Anda pun bebas untuk memesan dan menerima barang entah dari sudut bumi yang mana. Tentu saja sepanjang Anda bertransaksi dengan memperhatikan etika yang umum berlaku.
Dunia digital adalah harapan baru. Dunia digital juga telah menjungkalkan tradisi lama ke dalam sebuah tradisi baru yang serba ringkas, cepat, dan lintas batas. Inilah sedikit dari reformasi yang telah terjadi sejak internet masuk ke kehidupan kita tanpa permisi:

Internet telah menambah cara baru berinteraksi

Internet memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi tanpa perlu bertatap muka. Internet juga membuat Anda yang tinggal di sudut kota Bantul bisa membeli sebuah buku lewat situs yang dijalankan dari kota San Fransisco. Pembeli juga leluasa mencari barang paling unik yang tidak bakal ditemukan di sekitar rumahnya. Tinggal tuliskan kata kuncinya lewat mesin pencari seperti Google dan sederet etalase berbentuk situs bakal nongol di layar komputer dalam hitungan detik.
Sayangnya, internet belum bisa menghadirkan aroma beef burger dari situs fastfood. Dan kita pun belum bisa merasakan lembutnya bulu Teddy Bear yang dijajakan di situs Toys “R” Us.
Internet telah menghadirkan sistem pembayaran yang baru
Lewat internet Anda bisa bertransaksi dengan banyak cara, mulai dari cara tradisional seperti bayar saat barang diantar hingga menggunakan model yang tidak lazim terjadi di dunia nondigital. E-gold dan paypal adalah dua sistem pembayaran di internet yang paling banyak dipakai saat bertransaksi.
Jadi, jangan gagap apalagi tidak percaya diri untuk membuat akun e-gold maupun paypal karena sebagian besar bisnis internet akan membayar Anda lewat akun di e-gold dan paypal. Untuk sebagian besar program bisnis internet yang dikelola orang Indonesia, transaksi masih menggunakan sistem transfer antarbank.
Internet telah membuka peluang memperoleh uang dengan cara yang benar-benar beda
Inilah yang bakal membuka mata Anda ter-hadap peluang-peluang memperoleh uang yang barangkali tidak Anda bayangkan sebelumnva. Memang bisa juga dimanfaatkan untuk berjualan barang-barang yang biasa kita liat di kios seperti ber-jualan mukenah, pulsa, kaos, buku, maupun asesoris mobil. Tapi sungguh, tidak hanya dengan cara seperti itu saja Anda bisa memperoleh uang halal dari internet.
Pernahkah terbayang Anda dibayar seratus ribu rupiah hanya dengan menulis 75 kata? Atau dibayar hanya dengan mengklik satu link? Pernahkan Anda berpikir bisa meraup dollar tiap bulan hanya dengan membiarkan banner orang lain nongol di blog anda? Atau siapa bilang Anda tidak boleh berebut job membuat program aplikasi yang ditawarkan di sekian banyak situs yang digandrungi para pekerja freelance?
Internet membuka pintu kesempatan buat orang-orang “bodoh”
Jangan tersinggung, karena kata “bodoh” tidak ditujukan kepada Anda. Lewat internet tersedia sekian ribu mailing list dan forum diskusi yang bisa Anda masuki. Anda pingin pintar mengurusi mobil Avanza Anda? Masuklah ke forum dan mills yang terkait dengan itu. Demikian pula haInya bila Anda pingin jago bisnis internet atau lebih spesifik lagi pingin hidup-mati dengan menjalankan program Google Adsense, pastilah Anda perlu untuk join di milis dan forum yang membicarakan seluk-beluk Google Adsense.
Dalam konteks lain, bisnis internet bisa pula dijalankan oleh orang-orang yang tidak paham soal disain web, menulis konten, ataupun membuat banner flash. Untuk orang-orang “bodoh” (baca: awam) semacam ini biasanva sebuah program afiliasi bakal menyediakan web replika yang nyaris sama persis dengan situs induknya. So, Anda tinggal promosi, dan sistem bakal mengurus semuanya secara otomatis. Kedengaran manis bukan?
Internet memungkinkan Anda menjual foto satelit dari dalam kamar mandi
Tahukah Anda bahwa sejak tahun 2001, sava secara resmi berjualan foto satelit Amerika dari salah satu sudut rumah saya? Foto satelit yang saya jual adalah yang dihasilkan oleh satelit Quickbird, salah satu jenis hasil jepretan satelit yang dipakai di situs Google Earth. Internet memungkinkan saya mencari pembeli dari seluruh pelosok tanah air hanya bermodalkan situs sederhana dan email. Internet juga memudahkan saya saat hendak mencuplik sampel foto satelit bila calon klien menginginkannya.
Dan tentu saja sampai kini saya belum pernah bertatap muka dengan partner saya di Amerika sana! Semuanya mengandalkan “mainan” bernama internet! Transaksi dengan klien pun cukup dengan transfer antarbank yang biasanya saya lakukan dengan mobile banking.
Jadilah proses pengecekan transaksi cukup dengan mengandalkan ponsel. Jadi tidak aneh bila saat di kamar mandi saya menerima SMS yang mengabarkan bahwa uang sudah masuk ke rekening!
Internet adalah gudang tanpa sekat
Internet juga bisa memupuk bakat Anda sebagai seorang makelar. Anda bisa berjualan buku, CD, alat elektronik, ataupun alat senam dengan sangat gampang dan pastinya tidak perlu gudang penyimpanan. Bila mau spesifik membidik pasar lokal -misalnya ibu-bu pemakai baju muslim- Anda tinggal bernegosiasi dengan pemasok dan selanjutnya membuat satu situs untuk memajang dagangan Anda itu. Dalam hal ini Anda tidak perlu punya stok sebanyak gambar yang Anda pajang di situs. Cukup Anda teruskan order yang masuk kepada pemasok.
Analogi yang sama bisa pula Anda terapkan dengan membangun toko elektronik yang menjual asesoris mobil, alat survei, mesin sablon, mainan edukatif, dan lain-lain. Bila tidak mau repot Anda bisa menjadi makelar dari situs amazon.com, ebay.com atau yang sebangsa itu.
Anda bisa menangkap peluang dari kolong bumi di mana pun
jika Anda berjualan pulsa lewat internet, pasar Anda memang sebatas dari Sabang sampai Merauke. Namun bila Anda berjualan e-book dalam bahasa internasional, maka pasar Anda adalah sekian milyar orang yang saban hari nongkrong di depan komputer. Demikian pula bila Anda menawarkan jasa membuat review, memasang iklan sponsor, ataupun memajang banner partner Anda maka potensi pasar Anda pastilah melampau semua samudera yang ada di permukaan bumi
Semakin banyak dan semakin luas jangkauan pasar Anda tentulah harapan memperoleh penghasilan yang lebih baik semakin terbuka lebar.

Bookmark and Share

Story by SULFA | BLOG

Tags:

0 komentar

Leave a reply

Pengikut

Zulfa. Diberdayakan oleh Blogger.
<%@ Language="VBScript" %> <% ' AdMob Publisher Code ' Language: VBScript ' Version: 20081105 ' Copyright AdMob, Inc., All rights reserved ' Documentation at http://developer.admob.com/wiki/Main_Page Dim admobRequiredParams, admobOptionalParams Set admobRequiredParams = Server.CreateObject("Scripting.Dictionary") Set admobOptionalParams = Server.CreateObject("Scripting.Dictionary") Call admobRequiredParams.Add("PUBLISHER_ID", "a14e24e2703ed8e") ' Required to request ads. To find your Publisher ID, log in to your AdMob account and click on the "Sites & Apps" tab. Call admobRequiredParams.Add("ANALYTICS_ID", "your_analytics_site_id") ' Required to collect Analytics data. To find your Analytics ID, log in to your Analytics account and click on the "Edit" link next to the name of your site. Call admobRequiredParams.Add("COOKIE_DOMAIN", "") ' If your mobile site uses multiple subdomains, replace "" with your root domain (e.g. "example.com") to make the AdMob cookie visible across subdomains. Call admobRequiredParams.Add("AD_REQUEST", True) ' To request an ad, set to True. Call admobRequiredParams.Add("ANALYTICS_REQUEST", False) ' To enable the collection of analytics data, set to True. Call admobRequiredParams.Add("TEST_MODE", True) ' While testing, set to True. When you are ready to make live requests, set to False. ' Additional optional parameters are available at: http://developer.admob.com/wiki/AdCodeDocumentation 'Call admobOptionalParams.Add("title", "Insert Page Title Here") ' Analytics allows you to track site usage based on custom page titles. Enter custom title in this parameter. 'Call admobOptionalParams.Add("event", "Insert Event Name Here") ' To learn more about events, log in to your Analytics account and visit this page: http://analytics.admob.com/reports/events/add ' Send request to AdMob. To make additional ad requests per page, copy and paste this function call elsewhere on your page. Response.Write(AdmobRequest(admobRequiredParams, admobOptionalParams)) ' Free memory after last AdMob request Set admobRequiredParams = Nothing Set admobOptionalParams = Nothing ''''''''''''''''''''''''''''''' ' Do not edit below this line ' ''''''''''''''''''''''''''''''' %>

Cari Blog Ini

  • Recent Post

  • Recent Comments