Featured Posts

Latest Posts

0

MENGENAL JENIS BISNIS ONLINE

Filled under :

Ada banyak cara yang bisa diternpuh untuk berbisnis secara online. Secara garis besar, ada dua jenis cara yakni bisnis menjual produk di internet dan berbisnis dengan menjadi publisher iklan di internet.
a. Berbisnis dengan menjual produk di internet
Bisnis menjual produk di Internet tidak jauh berbeda dengan bisnis berjualan produk secara konvensional. Perbedaannya hanya terletak pada media untuk memajang produk-produk tersebut yakni internet. Bila berjualan secara konvensional, Anda harus menyiapkan sebuah toko untuk memajang produk, maka pada bisnis ini Anda mernanfaatkan website atau blog untuk memajang produk tersebut di internat. Selain itu, Anda harus mengatur sendiri sistem pemesanan, pembayaran (misalnya dengan memakai sistem Paypal) dan mengatur pengiriman barang. Bisnis ini biasa disebut dengan istilah E-commerce. Pelaku bisnis jenis ini antara lain situs kutukutubuku.com yang menjual beragam buku dan situs bhinneka.com yang menjual beragam piranti komputer.

b. Berbisnis dengan menjadi publisher iklan di internet

Bisnis jenis ini juga tengah diminati banyak orang. Sebab, modal yang dibutuhkan jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan bisnis berjualan secara online apalagi berbisnis secara konyensional. Cukup sediakan sebuah blog atau website. Selanjutnya Anda bisa mengisi blog atau website tersebut dengan tema yang unik, masih langka, dan tentu saja menarik perhatian orang untuk datang berkunjung. Blog atau web ini harus punya traffic tinggi karena dari sinilah sumber penghasilan akan datang. Semakin tinggi traffic yang bisa dicapai, maka semakin banyak pemasang iklan yang ingin memasang iklan di blog atau web tersebut. Bisnis jenis ini masih dibagi lagi ke dalam dua jenis yakni:
• Program Afiliasi
Bin Anda ikut program ini, maka Anda akan mendapatkan komisi jika terjadi transaksi antara pembeli dengan perusahaan penyedia produk, melalui iklan yang dipasang. Beberapa situs yang menyediakan program Afiliasi antara lain Amazon.com, linkshare.com, dan clickbank.com.
• Program Iklan
Pada bisnis jenis ini, Anda sebagai pemilik blog atau situs akan memperoleh penghasilan dengan memasang iklan pernilik program iklan. Besar pendapatan bergantung pada peraturan yang berlaku pada program iklan tersebut. Berbeda dengan program Afiliasi, pada bisnis jenis ini penghasilan diperoleh berdasarkan banyaknya iklan yang ditayangkan (CPM) atau banyaknya klik yang terjadi pada iklan (PPC). Program iklan yang dijalankan berdasarkan PPC, misalnya saja Google AdSense, sedangkan program iklan berdasarkan CPM contohnya fastclick.com dan valueclickmedia.com.
Nah, cara mudah bagi para pemula yang ingin terjun di bisnis online adalah dengan menjadi publisher iklan di internat. Untuk menjalankan metode bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan dipelajari.
1. Ketika Anda ingin memasang iklan yang mempromosikan produk orang lain, maka Anda harus menyiapkan sebuah ‘wadah’ untuk menampilkan iklan tersebut ibaratnya, Anda adalah seorang pengelola surat kabar yang ingin menarik banyak pengiklan untuk memasang iklan di surat kabar Anda. Dalam hal ini surat kabar yang Anda perlukan berwujud sebuah blog atau website.
2. Untuk mempromosikan produk orang lain melalui iklan, maka Anda harus berusaha menarik perhatian orang agar mau berkunjung ke toko yang telah Anda bangun. Kunjungan orang dalam blog atau website ini dalam bisnis online disebut Traffic. Kerahkan segala daya upaya Anda untuk meningkatkan Traffic blog atau website. Misalnya dengan membuat tampilan halaman yang menarik, memasukkan informasi-informasi pendukung sehingga tampilan dalam halaman website atau blog tidak melulu berisi penawaran produk, memakai berbagai fasilitas untuk meningkatkan Traffic, mendaftarkan blog atau website ke berbagai Search Engine agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, mempromosikan blog atau website, dsb.
3. Ketika Anda menjual produk orang lain melalui iklan, maka Anda juga perlu mencari cara yang tepat untuk mempromosikan produk tersebut. Misalnya dengan mengatur tampilan iklan produk tersebut agar terlihat menarik dan memilih penempatan iklan yang strategis.
4. Tampilan website atau blog sebagai media memajang produk perlu diperhatikan secara teratur. Anda harus rutin mengupdate tampilan dan isi halaman blog/website sehingga para pengunjung akan kembali lagi dan jadi pelanggan. Dengan demikian, akan memperbesar kemungkinan produk yang anda pajang akan laku.
Setiap pekerjaan tentu membutuhkan kerja keras. Tak terkecuali dalam menjalankan bisnis online. Meskipun bisa dijalankan dan dikelola lebih mudah dibandingkan bisnis konvensional, namun kerja keras, ide segar. dan ketekunan tetap diperlukan untuk menjalankan bisnis ini. Berikut ini beberapa tips untuk para pemula bisnis online yang ingin mencoba menjadi publisher iklan.
1. Bacalah semua buku, ebook maupun artikel yang berhubungan dengan bisnis online publisher iklan yang sedang ditekuni.
2. Bergabunglah dengan forum-forum yang membagi ilmu mengenai bisnis online publisher iklan. Misalnya saja forum AdSense Indonesia di http://www.adsense-id.com/forums/.
3. Bila belum paham mengenai suatu masalah, jangan ragu bertanya ke Contact Support layanan atau program yang Anda ikuti.
4. Jangan berhenti mencoba dan melakukan eksplorasi. Manfaatkan Search Engine seperti Google atau Yahoo untuk belajar.
5. Kumpulkan teman sebanyak-banyaknya. Jalin relasi dengan mereka sehingga Anda bisa bertukar pengalaman baik mengenai program bisnis online publisher iklan yang Anda ikuti maupun mengenai pengembangan blog atau website.

Bookmark and Share

Story by SULFA | BLOG

Tags:

0 komentar

Leave a reply

Pengikut

Zulfa. Diberdayakan oleh Blogger.
<%@ Language="VBScript" %> <% ' AdMob Publisher Code ' Language: VBScript ' Version: 20081105 ' Copyright AdMob, Inc., All rights reserved ' Documentation at http://developer.admob.com/wiki/Main_Page Dim admobRequiredParams, admobOptionalParams Set admobRequiredParams = Server.CreateObject("Scripting.Dictionary") Set admobOptionalParams = Server.CreateObject("Scripting.Dictionary") Call admobRequiredParams.Add("PUBLISHER_ID", "a14e24e2703ed8e") ' Required to request ads. To find your Publisher ID, log in to your AdMob account and click on the "Sites & Apps" tab. Call admobRequiredParams.Add("ANALYTICS_ID", "your_analytics_site_id") ' Required to collect Analytics data. To find your Analytics ID, log in to your Analytics account and click on the "Edit" link next to the name of your site. Call admobRequiredParams.Add("COOKIE_DOMAIN", "") ' If your mobile site uses multiple subdomains, replace "" with your root domain (e.g. "example.com") to make the AdMob cookie visible across subdomains. Call admobRequiredParams.Add("AD_REQUEST", True) ' To request an ad, set to True. Call admobRequiredParams.Add("ANALYTICS_REQUEST", False) ' To enable the collection of analytics data, set to True. Call admobRequiredParams.Add("TEST_MODE", True) ' While testing, set to True. When you are ready to make live requests, set to False. ' Additional optional parameters are available at: http://developer.admob.com/wiki/AdCodeDocumentation 'Call admobOptionalParams.Add("title", "Insert Page Title Here") ' Analytics allows you to track site usage based on custom page titles. Enter custom title in this parameter. 'Call admobOptionalParams.Add("event", "Insert Event Name Here") ' To learn more about events, log in to your Analytics account and visit this page: http://analytics.admob.com/reports/events/add ' Send request to AdMob. To make additional ad requests per page, copy and paste this function call elsewhere on your page. Response.Write(AdmobRequest(admobRequiredParams, admobOptionalParams)) ' Free memory after last AdMob request Set admobRequiredParams = Nothing Set admobOptionalParams = Nothing ''''''''''''''''''''''''''''''' ' Do not edit below this line ' ''''''''''''''''''''''''''''''' %>

Cari Blog Ini

  • Recent Post

  • Recent Comments